Saturday, May 26, 2012

Prosedur Untuk Mendapatkan Penawaran (RAB) Air Mancur

Bersama dengan artikel ini kami hendak memberikan panduan bagaimana prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan penawaran air mancur dari pihak supplier. Prosedur ini ditujukan kepada pihak konsultan, kontraktor, maupun pengguna langsung (end-user). Dengan adanya panduan ini, kami berharap para calon klien kami dapat menyiapkan cukup informasi untuk diberikan kepada kami sebelum mulai berkonsultasi agar mendapat hasil konsultasi air mancur yang maksimal.

Dengan tidak lengkapnya data, kami sebagai pihak konsultan air mancur dan supplier peralatan air mancur  tidak akan dapat melakukan desain air mancur, menghitung hidrolik air mancur, memilih nozzle air mancur, menentukan pompa yang tepat, menetapkan lampu air mancur, menggambar layout pemipaan sipil air mancur tersebut. Kami membutuhan informasi yang cukup agar dapat menyusun rancangan konsep air mancur serta penawaran (quotation) yang diminta para klien.

Informasi yang dibutuhkan adalah:
  1. Nama anda, posisi anda, dan nama perusahaan tempat anda bekerja
  2. Budget (anggaran) yang direncanakan untuk pembelian peralatan air mancur ini (tidak termasuk pekerjaan sipil kolam)
  3. Lokasi air mancur dan nama proyek air mancur
  4. Tipe air mancur yang diinginkan. Misal: air mancur arsitektural, air mancur menari, air mancur menari dengan musik, air mancur mengapung (floating fountain), dan lain-lain.
  5. Foto kondisi lapangan proyek serta foto lapangan dengan latar belakang yang ada
  6. Gambar-gambar konsep desain air mancur yang akan direncanakan (bila sudah ada)
  7. Ukuran luas lahan yang akan digunakan  untuk air mancur lengkap dengan dimensinya
  8. Gambar sipil dan arsitektural dari kolam yang akan dikerjakan (bila sudah ada desain sendiri)
  9. Deadline proyek
  10. Tipe penonton misal: pengunjung mall, perkantoran, kampus/sekolah, rumah sakit, theme park, taman umum, dll.
Foto Air Mancur Pada Malam Hari

Yang paling penting adalah budget (anggaran) untuk pembelian peralatan air mancur ini. Hal ini dikarenakan bila desain belum ada, kami akan membuatkan konsep air mancur yang akan cocok dengan budget anda. Kami tidak dapat membuatkan konsep desain tanpa informasi budget karena akan banyak sekali kemungkinan desain air mancur yang ada. Bila anda sudah mempunyai konsep desain, kami tetap membutuhkan informasi budget agar kami dapat menentukan ukuran, merek, dan model peralatan yang akan digunakan agar tidak melampaui budget yang diberikan.

Lokasi air mancur dan nama proyek dibutuhkan agar kami mempunyai informasi lengkap untuk proyek tersebut dan membantu proses desain serta dapat bermanfaat agar tim sales kami tidak membuat double quotation ke pihak lain yang juga bertanya untuk proyek yang sama (misalnya kompetitor anda). 

Konsep Desain Air Mancur Dua Dimensi

Bila konsep desain air mancur sudah ada, maka harap dilengkapi dengan gambar arsitektural dan sipil yang lengkap dengan ukuran dimensi jarak dan struktur agar kami dapat menghitung kebutuhan hidrolik air untuk sistem pemipaan dan pompa yang ada.

Bila konsep desain air mancur dari pihak klien belum ada, maka gambar foto kondisi lapangan saat ini serta ukuran luas lahan yang akan digunakan untuk proyek air mancur menjadi penting agar kami dapat membantu membuatkan desain yang cocok dengan kondisi suasana tempat di mana air mancur tersebut akan dipasang (Harap diperhatikan untuk konsep desain kami akan ada sedikit biaya desain). Tipe penonton yang akan berkunjung untuk melihat air mancur juga akan menjadi faktor di dalam desain kami.

Rendering 3D Sistem Peralatan Air Mancur Dengan Konsep Guci

Sebagian dari informasi air mancur yang kami tanyakan di atas juga akan dapat membantu kami menentukan skala besaran konsep desain air mancur yang dapat kami usulkan (bila desain belum tersedia dari pihak klien).

Dan yang paling akhir adalah informasi kapan pengerjaan air mancur ini akan dimulai (atau deadline) sehingga kami dapat menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk proyek air mancur tersebut.

Setelah semua informasi kami nilai cukup, kami akan memulai membuat konsep, berdiskusi dengan anda, serta akhirnya menyusun rencana anggaran belanja (RAB) air mancur untuk anda.

Semoga daftar informasi ini akan dapat membantu kami di dalam penyusun penawaran air mancur dan anda akan menghemat waktu untuk mendapatkan RAB tersebut.

14 comments:

  1. gan, air mancur konsep guci itu unik banget gan, salam sukses ya :)

    ReplyDelete
  2. maaf pak bisa minta email yg bisa di hubungi. . agar ada komunikasi lebih lanjut.

    megacotama. cv

    ReplyDelete
  3. maaf pak bisa minta no. atau emailnya agar ada komunikasi lebih lanjut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak, alamat email kami terlihat pada bagian Contact Detail di kolom kanan bagian agak atas pada blog kami. Alamat email yang tercantum yaitu: blog@esparindo.com

      Delete
  4. Ada nggak price list ntik semua Produk Equitment Air Mancurnya..Thank.s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga untuk komponen air mancur ada, Pak. Tapi biasanya kami membantu mendesainkan sistem air mancur untuk klien.

      Delete
  5. saya mau menanyakan komponen untuk sambungan outlet pompa ke nozzle air mancur berupa apa ya??
    conector untuk sambungannya..
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara Anggie, komponen sambungan pompa ke nozzle air mancur berbeda untuk tiap nosel. Umumnya menggunakan faucet socket (soket drat dalam) atau valve socket (soket drat luar). Ukuran koneksinya akan tergantung ukuran pompanya.

      Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

      Delete
  6. Dear Pak,
    Apakah visa Di aplikasikan Di tengah2 danau buatan yg kedualamannya mencapai 15 m lebih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Priyono. Untuk instalasi di danau yang dalam biasanya menggunakan tipe floating fountain. Kami menyediakan floating fountain juga.

      Delete
  7. yth. bapak
    di tempat

    untuk biaya pembuatan air mancur pernah melaksanakan dengan anggaran paling kecil berapa? kebetulan ada klien ingin buat kolam air mancur dengan anggaran 50 jutaan... (luasan kolam sekitar 65 m2)
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Fate,

      Mohon menghubungi kami via email di blog@esparindo.com untuk konsultasi. Nanti dilengkapi dengan nomor telefon Ibu juga ya. Atau Ibu juga dapat menghubungi kami pertelefon di 021-65867688.

      Delete
  8. Kepada bpk iwan YTH

    kami konsultan perencana..jika ada klien yang minta di desainkan apakah kami bisa di bantu untuk spek tehnisxa karna kami hanya punya ide saja...kalau soal air mancur ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Ito,

      Mohon menghubungi kami via email di blog@esparindo.com untuk konsultasi. Nanti dilengkapi dengan nomor telefon Bapak juga ya. Atau Bapak dapat menghubungi kami pertelefon di 021-65867688.

      Bapak dapat juga mengunjungi website kami di:
      http://air-mancur.com

      Delete

UA-42274200-1