Monday, January 30, 2012

Proyek lampau (3) - Air Mancur Alun Kapuas (PONTIANAK)


Masyarakat Kota Pontianak
Berfoto Dengan Air Mancur
Air mancur yang berada di alun-alun Kapuas yang terletak di kota Pontianak. Alun Kapuas ini hendak dirubah menjadi sebuah taman kota yang dilengkapi dengan air mancur agar masyarakat kota Pontianak dapat bercengkrama menikmati suasana santai di pinggir sungai.

Air mancur ini diresmikan pada malam tahun baru 1 Januari 2011 oleh Walikota Pontianak langsung. Walaupun kami diberikan deadline yang sangat singkat oleh pihak Pemko Pontianak, kami dapat menyelesaikan hingga tuntas tanpa masalah.

Kami di PT Esparindo Dayamegah mengalami tantangan pada awalnya untuk mengatur sistem pemipaan yang dapat mengatasi masalah sampah yang berada pada sungai. Selain itu sungai Kapuas ini dipengaruhi oleh pasang-surut air laut dan mengalami penurunan level air pada musim kemarau. Setelah mempelajari kondisi lapangan, tim teknis kami mempunyai jalan keluar yang pada akhirnya kami dapat memasang air mancur ini tanpa masalah. Kami sangat berterima kasih mempunyai kesempatan untuk mendapat tantangan baru dan mengaplikasi ilmu kami selama ini dalam membangun air mancur waterfront Kapuas ini.

Desain awal sebenarnya adalah air mancur direndahkan posisinya hingga fondasi dengan warna keramik hitam berada di bawah air. Tetapi pihak Pemko Pontianak mengkehendaki agar air mancur ditinggikan agar terlihat lebih jelas.

Air mancur ini kemungkinan merupakan air mancur pertama di Indonesia yang dipasang di atas tepi sungai dan menggunakan air sungai secara langsung.

Di bawah ini akan kami tampilkan cuplikan foto-foto yang kami ambil di ruang pompa dan nozzle air mancur yang digunakan.


Pompa-Pompa Yang Digunakan

Trafo dan Panel


  
Dua Tipe Nozzle Yang Digunakan

Berikut ini kami tampilkan foto-foto setelah air mancur dipasang.


Air Mancur Alun Kapuas Pada Siang Hari


Air Mancur Alun Kapuas Pada Malam Hari


Air Mancur Alun Kapuas Pada Malam Hari

Air mancur ini menggunakan nozzle, pompa air REGALINE, dan lampu bawah air (under water light) MESSNER yang tersedia di PT Esparindo Dayamegah.

Demikian artikel kali ini mengenai air mancur Pontianak hasil karya PT Esparindo Dayamegah.




No comments:

Post a Comment

UA-42274200-1